Tulisan Ayah│Cerita Ayah│Kajian│Sirah Nabawy│Tafsir Quran│Hadits│Tips dan Trik│

Cerita Sukses Jualan lewat Blog Gratisan

Layar Laptop tampilan Google

Awal muncul dunia blogging ,saya begitu bersemangat untuk menulis memposting tentang berbagai hal. Ketika itu platform blog yang saya gunakan adalah wordpress dan  blogspot, seacara pengalaman bloging dengan wordpress jauh lebih cepat untuk masuk halaman utama mesin pencarian google.

Saya semakin semangat ketika tahu meskipun blog gratisan tapi bisa digunakan dalam berbagai hal , mulai dari menyalurkan hoby menulis, berkreasi dengan gonta-ganti templet bahkan sebagai tempat untuk jualan. Salah satu blog gratisan saya yang waktu itu bisa digunakan untuk mengais rizki adalah kripikbuah.blogdetik.com, yang kini telah menjadi almarhum karena blogdetik ketika itu memutuskan untuk menghentikan penyediaan platform gratisan dengan sekian banyak alasan.

Meski demikian saya tetap bersyukur karena blog gratisan yang di sediakan blogdetik, dapat saya pungsikan untuk berjualan online. Jualan saya ketika itu sesuai nama blognya kripik buah, hampir setiap pekan saya mendapat orderan dan melakukan pengiriman ke berbagai kota di Indonesia lewat berbagai expedisi ternasuk udara.

Setelah kurang lebih 3 atau 4 tahun berjualan online lewat blog, saya kemudian disibukkan dengan dunia sekolah, akibatnya  blog terbengkalai dan tragisnya blogdetik menutup layanan gratisan, secara otomatis blog saya yang sempat masuk rangking 3 di mesin pencarian google  itupun, ikut serta hilang.

Karena blog gratisan tidak bisa lagi diandalkan (maksudnya yang kripikbuah.blogdetik), saya mencoba keberuntungan jualan online lewat web berbayar, dan karena ini berbayar saya bertekad akan mengoptimalkannya. Meski susah payah membangunnya dan membrandingnya, karena fokus akhirnya web berbayar saya mulai menunjukkan hasilnya, ketika itu selain jual kripik buah, saya juga berjualan mesin vacuum frying (pengolah buah jadi kripik buah) lewat label tokovacuum.com.

Selain kripik buah orderan mesin vacuum frying pun mulai datang, jika tidak salah ingat orderan mesin vacuum frying  pertama saya  adalah yang berkapasitas 3kg dan dikirim ke Kalimantan. Selain mesin vacuum frying , saya juga menjual mesin pemecah biji mente, sempat ada orderan sampai lima buah dan dikirim lewat expedisi pesawat ke NTT.

Seperti kata para blogger, membuat toko online memang harus fokus, kunci dari kesuksesan ngeblog itu adalah fokus, bahkan keberhasilan seseorang dalam hal apapun terletak pada fokusnya. Karena itu meski telah menikmati hasil dari ngeblog, dengan memiliki dua  web berbayar dan lima bahkan sepuluh blog gratisan tetap saja sya tidak bisa fokus karena ambisi yang berlebihan didunia onlie. Akhirnya dua web saya yang berbayar terbengkalai tidak terurus dengan baik lalu satu persatu mati karena tidak mampu membayar sewa hosting tahunannya.

Beberapa tahun ini saya  mencoba untuk fokus mengelola web situsmawardi, yang saat ini anda kunjungi, dan alhamdulillah sudah di monotize, dan  pada saatnya nanti bisa memetik hasil, semoga anda terinspirasi dengan cerita ini.

 

Share:

19 comments:

  1. Mantap gan, semoga saya juga bisa menghasilkan dari blog. Mencoba serius merawat blog

    ReplyDelete
  2. Boa noite. Obrigado pela visita ao meu Blogger. Aproveitei a oportunidade de prestigiar e seguir. Gostaria de ter o privilégio de você me seguir também.

    ReplyDelete
  3. wah aku pake blog cuma buat sosial aja sama temen-temen :D

    ReplyDelete
  4. wah jadi kebayang pengen keripik buah :)

    ReplyDelete
  5. Keren. Semangat begini yang patut dicontoh.

    ReplyDelete
  6. Aku belum pernah pakai blogdetik, samakah dengan blogspot pak?

    Sayang juga ya blogdetik sudah tutup, padahal blognya sudah ranking tiga. Semoga saja penjualan tetap bagus di blog berbayar. Kunci biar sukses memang harus konsisten ya pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab blogdetik platformnya wordpress, sangat sayang ma

      Delete
  7. Bisa di coba ini agar bisa berjualan online

    ReplyDelete
  8. Your experience is very inspiring.
    Good luck!

    ReplyDelete
  9. Walau lewat gratis
    Sukses dapat dirilis
    Sungguh pasti manis

    ReplyDelete
  10. memang menuju sukses banyak jalan berliku ya.. salut banget, semangat terus!

    ReplyDelete
  11. Wahh senengnya, sukses selalu ya mas, semoga menginspirasi para blogger lain, kalau blog gratisan pun bisa untuk berbisnis

    ReplyDelete
  12. keren. semoga makin semangat ngeblognya. dan bisa makin sukses lewat blog

    ReplyDelete
  13. Saat ini saya baru mulai mencoba untuk memanfaatkan blogspot untuk jualan...

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan

Featured Post

Bantuan Beasiswa Bagi Mahasiswa Anak Pedagang Kecil Terdampak PPKM Darurat Gelombang 2

Pandemi tak jua berakhir di Indonesia, pemerintah telah melakukan berbagai cara untuk mengatasi Pandemi. Nampaknya  belum ada tanda berakhir...

Blog Archive

Most Popular

Followers