Tulisan Ayah│Cerita Ayah│Kajian│Sirah Nabawy│Tafsir Quran│Hadits│Tips dan Trik│

Apa itu Kurban?

 

Rapat Kurban
Rapat Panitia Kurban di Masjid Permata Al Falah

Dalam beberapa pekan lagi kita akan memasuki musim hajji, selain ibadah Hajji pada bulan tersebut tentu umat Islam akan mengingat ada ibadah kurban yang menyertainya. Semoga tahun ini kita diberikan kemampuan untuk melaksanakan ibadah kurban. Tulisan berikut ini akan membahas Definisi (pengertian), hukum dan dalil kurban silahkan dibaca dengan teliti .

Definisi Udhhiyah (kurban)

Bahasa            : menyembelih hewan kurban di waktu Dhuha.

Istilah (syar'i) : Hewan ternak yang disembelih berupa unta, sapi atau kambing untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Pada hari Raya.

Hukum dan Dalil pensyariatan Udhhiyah

Hukum : sunnah muakkadah (sunnah yang sangat di anjurkan), berdasarkan firman Allah SWT. :

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Artinya : Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. (al Kautsar ayat : 2)

Dan berdasrkan hadits Anas R.A :

عَنْ أَنَسٍ قَالَ: “ضَحَّى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ أَقْرَنَيْنِ قَرَّبَ أَحَدُهُمَا فَقَالَ بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ هَذَا مِنْ مُحَمَّدٍ وَأَهْلِ بَيْتِهِ، وَقَرَّبَ الآخَرُ فَقَالَ: “بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ هَذَا مِنْ عَمَّنْ وَحَّدَكَ مِنْ أُمَّتِي

Diriwayatkan dari Anas, ia berkata:

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyembelih dua ekor kambing kibasy yang berwarna putih dan bertanduk. Beliau menyembelih yang seekor seraya berkata: “Bismillah. Ya, Allah! Ini adalah dariMu dan untukMu, kurban dari Muhammad dan keluarganya.” Lalu Beliau menyembelih yang seekor lagi seraya berkata: “Bismillah. Ya, Allah! Ini adalah dariMu dan untukMu, qurban dari siapa saja yang mentauhidkanMu dari kalangan umatku.”

 


Refrensi  : Fikih Muyassar terbitan Darul Haq , www.almanhaj.or.id. ,www.tafsirq.com

Share:

1 comment:

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan

Featured Post

Bantuan Beasiswa Bagi Mahasiswa Anak Pedagang Kecil Terdampak PPKM Darurat Gelombang 2

Pandemi tak jua berakhir di Indonesia, pemerintah telah melakukan berbagai cara untuk mengatasi Pandemi. Nampaknya  belum ada tanda berakhir...

Blog Archive

Most Popular

Followers