Subscribe Channel Youtube mawardia75

thumbnail
Sahabat bloger mohon maaf baru bisa update hari ini, karena kesibukan yang luar biasa di ofline web ini jadi kurang terurus. Saya pribadi sedang disibukkan dengan salah satu kegiatan belajar video editing, profesi saya saat ini sangat membutuhkan skill tersebut.

Tinggi badan Rasulullah pertengahan

thumbnail

Serial lanjutan syamail Muhammadiyah
Jumaat berkah mari perbanyak sholawat untu Rasulullah, Memandang fisik Rasulullah dengan bentuk yang proporsional, maka tak heran ada sahabat yang mengatakan bahwa saya tidak pernah melihat pria seganteng Rasulullah, ya Allah aku rindu Rasulullah :


٣ - (صحيح) - الْبَرَاءَ بْنَ عَازِبٍ يَقُولُ: (كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ رَجُلًا مَرْبُوعًا بَعِيدَ مَا بَيْنَ الْمَنْكِبَيْنِ عَظِيمَ الْجُمَّةِ إلى شَحْمَة أذنيه عَلَيْهِ حُلَّةٌ حَمْرَاءُ مَا رَأَيْتُ شَيْئًا قَطُّ أَحْسَنَ منه

:rose: 3 - (SHAHIH) - Al-Bara' bin 'Azib berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah pria yang pertengahan (tingginya), lebar pundaknya, tebal rambutnya lagi panjang hingga melampaui cuping telinganya. Beliau (pernah) memakai baju merah. Saya samasekali tidak pernah melihat sesuatu pun yang lebih indah/tampan darinya."

Mengenal Rasulullah : Gambaran fisik Rasulullah

thumbnail
download tulisan ayah kajian hadits mengenal rasulullah gambaran fisik Makkah Madinah coklat gelap tinggi jangkung

Rasulullah SAW. adalah panutan umat Islam, seluruh aspek kehidupan beliau menjadi perhatian umatnya. Mengenal pribadinya merupakan sebuah keharusan bagi para pemeluk agama Islam, sebab ia  nabi terakhir, pembawa wahyu yang disebut dengan Al Qur'an. Maka segala hal yang berkaitan dengan Rasulullah menjadi sorotan umat Islam, sekaligus menjadi model aplikasi dari apa yang telah difirmankan Allah dalam Al Qur'an. Postingan saya dan seterusnya secara berkala akan saya update berkaitan dengan kehidupan dan kepribadian Rasulullah. Postingan ini merupakan ringkasan, dari pembahasan tentang Rasulullah pada kita Syamail Muhammadiyah, yang diterjemahkan oleh Ust. Alimin Mukhtar, dimulai dengan gambaran fisik Rasulullah: 

Inspirasi bersedekah dari seorang pedagang kaki lima

thumbnail

download tulisan ayah artikel kajian tulisanku ibrah kehidupan zakat sedekah nishob inspirasi MAN Batu
lapak nasi pecel "NN" 5000

Bersedekah tidak perlu menunggu kaya, siapapun bisa melakukannya apa ia orang miskin atau kaya peluangnya sama dalam bersedekah. Sedekah tidak membutuhkan rukun dan syarat, cukup dengan niat dan kemauan yang kuat maka setiap orang berhak untuk bersedekah dan hukumnya Sangat dianjurkan. Lain halnya dengan zakat, membelanjakan harta pada kategori ini memiliki rukun dan syarat yang harus dipenuhi sehingga dianggap syah dan gugur kewajiban jika menunaikannya. Jika tidak memenuhi rukun dan syarat yang telah ditentukan, misalnya belum cukup nishob lalu membayar zakat maka  belum dihitung sebagai zakat melainkan ia dihitung sebagai sedekah.

Waspadalah! terhadap firasat seorang mukmin

thumbnail

download tulisan ayah artikel kajian khalifah Qadhi firasat lintasan fikiran karamah identik istidraj

Qadhi Abu Yusuf Ya’qub bin Ibrahim – salah seorang murid Imam Abu Hanifah – bercerita: saya biasa duduk bersama khalifah Harun ar-Rasyid dan makan dari hidangannya. Suatu hari, disajikan kepadanya faludzaj (sejenis makanan mewah), maka khalifah berkata, “Hai Ya’qub, makanlah ini, sebab makanan seperti ini tidak dibuat setiap hari untuk kami.” Saya bertanya, “Apa ini, wahai Amirul Mu’minin?” Dijawab, “Ini adalah faludzaj yang disiram dengan minyak fustuq.” Saya pun tertawa. Khalifah bertanya, “Mengapa engkau tertawa?” Saya jawab, “Tidak apa-apa. Semoga Allah mengekalkan Amirul Mu’minin.” Khalifah berkata, dan benar-benar mendesak saya, “Sungguh, ceritakan kepadaku!”

Selamat mondok saudaraku , yakinlah ini bagian dari proses kesusesanmu

thumbnail


download tulisan ayah artikel kajian khutbah mondok derita Imam Syafii sholeh sholehah orang tua santri ilmu agama
mengantar keponakan untu mondok

Kisah perpisahan antara imam Syafii dan ibunya, bisa menjadi inspirasi bagi orang tua yang pada bulan-bulan ini mengantar putra-putri kesayangannya untuk menuntut ilmu di pondok pesantren. Imam syafii yang dikenal sebagai Muhammad bin Idris, merupakan sosok ulama’ yang kedalaman ilmunya tak di ragukan lagi. Kitab al umm menjadi karya imam syafii yang sering di jadikan refrensi utama dalam memahami pendapat-pendapat imam syafii, dalam hal fiqih.

Rutinitas seorang guru

thumbnail

download artikel tulisan ayah kajian khutbah Visi misi  kesiswaan kurikulum BK wali kelas adab ilmu reorientasi
penjelasan materi adab dan ilmu

Satu pekan ini saya disibukkan dengan menyiapkan para siswa untuk kembali siap belajar, ibarat mesin kendaraan harus di panaskan dulu sebelum mesin dijalankan. Libur selama kurang lebih satu bulan, membuat para siswa menurun semangat belajarnya. Akhirnya sekolah memprogramkan reorientasi kepada para siswa. Inilah bagian tugas  yang harus dijalankan para guru disekolah, sebab jika langsung melaksanakan KBM bisa jadi kurang maksimal begitulah rutinitas tahunan para guru dalam memulai setiap tahun pelajaran baru. Pada program reorientasi kali ini siswa mendapatkan beberapa materi diantaranya :

Enam Orang Terkaya di Dunia

thumbnail

download artikel tulisan ayah kajian khutbah sholat fajar fi sabilillah sholat malam isi al Quran subhanallah membimbing 'Ali bin Abi Thalib
Diklat ceria
Seringkali kita mengukur kekayaan itu berdasarkan jumlah harta yang dimiliki seseorang, bahkan menjadi cara berfikir seseorang bahwa kebahagian itu terwujud dengan banyaknya harta. Jika itu menjadi ukurannya, maka Allah tidak adil sebab yang bisa berbahagia hanya orang yang berharta. Namun Allah maha Adil Ia memberikan kebahagiaan bukan berdasarkan materi, tetapi perasaan dan rasa jauh lebih utama sebagai ukuran kebahagiaan dibandingkan yang lainnya.
Bila Anda dihadiahi sebidang tanah di lokasi sangat strategis, lengkap dengan bangunan dan perabotnya, tentu sangat mengejutkan. Lebih mengejutkan lagi kalau saja ada yang datang kepada Anda dan bisa memberi – benar-benar memberi, bukan tipuan – seluruh dunia dan seisinya. Tetapi, pasti akan jauh lebih mengejutkan jika Anda diberi beberapa hal yang lebih berharga dibanding dunia dan seisinya, dimana Anda pun bebas mengambilnya setiap saat!

Inilah Lima Ayat Menakjubkan Dalam surat An Nisa

thumbnail

download artikel tulisan ayah khutbah kajian an Nisa' Ibnu Ummi Ibnu Majah hadits firman Az Zumar
Pemandangan
Al-Hafizh Sa’id bin Manshur al-Khurasani menyitir sebuah riwayat yang menakjubkan dalam kitabnya, as-Sunan. Riwayat ini statusnya “hasan li ghairihi”, yakni sebetulnya memiliki sanad dha’if (lemah) namun meningkat menjadi kuat karena didukung oleh jalur periwayatan lainnya. Disebutkan bahwa Ibnu Mas’ud berkata, “Sesungguhnya di dalam (surah) an-Nisa’ terdapat lima ayat, dimana dunia dan seisinya ini tidak akan menyenangkanku dibanding dengan kelimanya. Aku sungguh tahu bahwasannya para ulama’ – ketika membacanya – mereka pasti mengetahuinya.”

Bantulah Saudaramu Untuk Bertaubat

thumbnail

download cerita ayah tulisan ayah kajian tulisan Fathul Baary Imam Bukhari Abu Hurairah ash-shiddiq hawariyyu Zaid
Silaturrahim
Setiap kita meyakini  bahwa manusia didunia ini ,tak ada yang sempurna,maka jika ada saudara kita yang berbuat buruk atau berbuat dosa janganlah mencelanya. Lalu bagaimana sikap kita seharusnya? bantulah mereka untuk bertobat dan merubah diri menjadi lebih baik, tak perlu dicela dan dihina sebab perlakuan seperti itu akan menyebabkan mereka semakin terpuruk dan semaikin jauh dari hidayah.