Bantulah Saudarmu Untuk Bertaubat

thumbnail

download cerita ayah tulisan ayah kajian tulisan Fathul Baary Imam Bukhari Abu Hurairah ash-shiddiq hawariyyu Zaid
Silaturrahim
Setiap kita meyakini  bahwa manusia didunia ini ,tak ada yang sempurna,maka jika ada saudara kita yang berbuat buruk atau berbuat dosa janganlah mencelanya. Lalu bagaimana sikap kita seharusnya? bantulah mereka untuk bertobat dan merubah diri menjadi lebih baik, tak perlu dicela dan dihina sebab perlakuan seperti itu akan menyebabkan mereka semakin terpuruk dan semaikin jauh dari hidayah.

Ancaman Allah Bagi para penggosip

thumbnail

download artikel tulisan ayah kajian kajian Islam cerita Gosip tokoh affair Islam Haditsul Ifki Siroh An Nuur
Diskusi 
Gosip kata itu sangat akrab di telinga kita, kata tersebut kalo dalam Islam disebut dengan ghibbah bahkan cenderung disebut fitnah. Tayangan televisi pun banyak yang mengandung gosip dan fitnah, bahkan acara seperti ini mendapatkan rating yang tinggi pada acara televisi.  Sebagai seorang muslim,  mestinya acara yang mengandung ghibbah dan fitnah tidak layak untuk ditonton dan bukan sebuah indikator baik bagi keimanan seorang muslim.

Tahukan anda siapa Pencuri yang paling Buruk

thumbnail

download artikel kajian khutbah hikmah video pencuri hadits pencuri buruk Rasulullah tasbih thuma'ninah Riwayat Al-Quran dzat
sholat jamaah 
Beberapa waktu yang lalu, beredar video orang yang sedang melaksanakan sholat tarawih berjamaah. Tidak ada yang aneh dari sholat mereka, berdiri,rukuk, dan sujud mereka sama seperti orang yang sedang sholat pada umumnya. Namun yang menjadi perhatian publik adalah kecepatan pelaksanaan sholat berjamaah yang tidak wajar, sebab dalam waktu beberapa detik mereka berhasil menyelesaikan rangkaian gerakan sholat. Bagaimana pandangan Islam tentang pelaksanaan sholat seperti itu?inikah yang di sebut pencuri yang paling buruk?.
Kita pasti merasa sakit hati dan marah jika dituduh sebagai pencuri, padahal kita tidak melakukannya. Lalu, bagaimana jika kita dituduh sebagai “pencuri paling buruk”? Sudah pencuri, ditambahi gelar “paling buruk” lagi. Tetapi, ternyata itu belum cukup. Bagaimana jika tuduhan itu datang dari junjungan kita, Rasulullah sendiri, padahal kita justru sedang beribadah dan berusaha melaksanakan perintahnya? Kita sedang beribadah malah dituduh sebagai maling? Tetapi, bukankah pernyataan beliau pasti benar dan tidak pernah mengada-ada?

Rahasia Membangun Rumah Impian di Syurga

thumbnail

download tulisan ayah artikel kajian renungan negeri akhirat zhalim Allah rumah syurga rawatib masjid sunnah Al-Ikhlas shaf hadits
shalat jamaah dimasjid Baiturrahmah
Ada banyak orang yang sepanjang hidupnya sejak muda ; menikah ; punya anak hingga meninggal dunia, ia tinggal didalam rumah kontrakan. Hal ini disebabkan oleh ketidak mampuannya secara finansial untuk membangun dan membeli sebuah rumah, bisa juga karena memang gaya hidupnya yang sederhana hingga menyebabkan ia tidak mau membangun dan memiliki rumah. Terlepas dari semua itu, sebagian dari kita – alhamdulillah – telah tinggal di rumah-rumah milik sendiri, kecil maupun besar. Sebagian yang lain sedang berusaha memiliki rumah dengan cara mengangsur melalui KPR atau skema lain sejenisnya. Sebagian lagi, baru mampu berharap suatu saat memiliki rumah yang akan ditinggalinya bersama keluarga. Tetapi, sejauh ini, semua itu adalah rumah-rumah di dunia. Tidakkah kita memikirkan pula, bagaimana kelak tempat tinggal kita di akhirat? Sebab, pastinya akan ada banyak para raja dan penguasa zhalim yang selama di dunia ini tinggal dalam istana-istana megah, namun kelak di akhirat menjadi gelandangan. Na’udzu billah!

Besarnya Tanggung Jawab seorang suami

thumbnail
download tulisan ayah artikel kajian kisah hikmah pemimpin Rasulullah HR. Muslim neraka sholat
Tasyakuran 

Setiap kita adalah pemimpin, paling tidak memimpin diri sendiri dan setiap pemimpin pasti akan dimintai pertanggungan jawab di akhirat kelak. Rasulullah telah berpesan tentang akan dimintainya seorang pemimpin akan tanggung jawab kepemimpinan, begitu beratnya hal ini maka sejak jauh-jauh hari Rasulullah telah mengingatkannya. Rasulullah SAW. Bersabda :

عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِىِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - أَنَّهُ قَالَ « أَلاَ كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ فَالأَمِيرُ الَّذِى عَلَى النَّاسِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ عَلَى بَيْتِ بَعْلِهَا وَوَلَدِهِ وَهِىَ مَسْئُولَةٌ عَنْهُمْ وَالْعَبْدُ رَاعٍ عَلَى مَالِ سَيِّدِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُ أَلاَ فَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ »(رَوَاهُ مُسْلِمٌ)
Artinya: Dari Ibnu Umar RA dari Nabi SAW sesunggguhnya bersabda: sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: setiap orang adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannnya. Seorang kepala negara adalah pemimpin atas rakyatnya dan akan diminta pertanggungjawaban perihal rakyat yang dipimpinnya. Seorang suami adalah pemimpin atas anggota keluarganya dan akan ditanya perihal keluarga yang dipimpinnya. Seorang isteri adalah pemimpin atas rumah tangga dan anak-anaknya dan akan ditanya perihal tanggungjawabnya. Seorang pembantu rumah tangga adalah bertugas memelihara barang milik majikannya dan akan ditanya atas pertanggung jawabannya. Dan kamu sekalian pemimpin dan akan ditanya atas pertanggungjawabannya (HR. Muslim).

Papukku guru Qur'an pertamaku

thumbnail

download artikel tulisan ayah artikel kebun Qur'an hijaiyah guru tuan guru
Era tahun delapan puluhan, kami keluarga papuk  (baca : kakek, sasak) Napiah tinggal didalam kebun kelapa dimana papuk dipercaya untuk menjaga kebun kelapa tersebut. Di pekarangan yang luasnya tidak lebih dari 2000 meter persegi ini, tinggallah papuk, saya dan keluarga, seluruh adik ayah saya yang berjumlah tujuh orang.

Hidup kami satu keturunan amat bersahaja, karena ayah,paman, dan bibi ,mereka bekerja sebagai mandor,petani dan buruh. Sementara papuk hanyalah seorang penjaga kebun kelapa milik datu (baca: raja,sasak), kebun luas serta pekarangan yang kami tempati semua dipinjamkan hingga kontrak kerja papuk selesai.

Pentingnya Mengimani hari Akhir

thumbnail

download artikel tulisan ayah kajian Eropa Amerika Islam dakwah Islam feature indzar HIV/AIDS

يا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ (1) قُمْ فَأَنْذِرْ (2)

"Hai orang yang berkemul (berselimut)! Bangunlah, lalu berilah peringatan!" (QS al-Muddatsir [74] : 1-2)

Dewasa ini, geliat dakwah serta spirit untuk kembali kepada Islam menunjukkan tanda-tanda penguatan. Di negara-negara Eropa dan Amerika, Islam ternyata menjadi agama yang semakin diminati. Bahkan, kampanye anti-terorisme yang semula ditujukan untuk merusak Islam justru membawa berkah tersendiri. Masyarakat non-muslim yang semula cuek dan buta tehadap Islam, justru penasaran dan berduyun-duyun memburu segala informasi tentang Islam. Peluang baik ini disergap lembaga-lembaga dakwah Islam, dan berdampak meningkatnya jumlah mu'allaf atau muhtadin.

DOSA: PEMANTIK PERMUSUHAN DAN KEBENCIAN

thumbnail

download tulisan ayah artikel kajian hadits al Maidah konsekuensi al Quran Rasulullah Dosa sand jayyid

عن ابن عمر رضي الله عنه: أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يقول: الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يَخْذُلُهُ وَيَقُوْلُ: وَالَّذِيْ نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ مَا تَوَادَّ اثْنَانِ فَفَرَّقَ بَيْنَهُمَا إِلاَّ بِذَنْبٍ يُحْدِثُهُ أَحَدُهُمَا
Dari Ibnu 'Umar radhiyallahu 'anhu: Sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda: "Seorang muslim adalah saudara dari sesama muslim, dia tidak boleh menzhalimi dan menelantarkannya." Beliau melanjutkan, "Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada dalam genggaman tangan-Nya, tidaklah dua orang yang berkasih-sayang itu kemudian berpisah kecuali karena suatu dosa yang diperbuat oleh salah seorang dari mereka." Riwayat Ahmad, menurut al-Mundziri: sanad-nya hasan.
 Berapa kali Anda terheran-heran oleh berita-berita 'heboh' yang beredar luas di tengah-tengah masyarakat? Tentang kerusuhan sebelum atau sesudah Pilkada? Tentang keretakan rumah-tangga public-figure yang sebelumnya dipuja-puji sebagai pasangan serasi? Tentang partai yang tiba-tiba pecah setelah menang atau kalah Pemilu? Tentang kekisruhan di tubuh berbagai lembaga yang sebelumnya solid, justru ketika mereka sedang makmur dan kaya-raya? Tentang serumpun manusia bersaudara yang tiba-tiba bertengkar hebat? Tentang beragam permusuhan, kebencian, perpecahan dan ketidakharmonisan yang muncul tiba-tiba, dari sebuah "taman yang indah permai"? Atau, Anda pun bingung memahami diri sendiri yang sedang terlibat kericuhan di hari-hari ini? Mengapa? Dari mana semua itu bermula?

Kenangan indah bersama ibu di bulan Ramadhan

thumbnail
download tulisan ayah artikel kajian tulisan tulisanku Ramadhan ibu Syurga pedagang ulet
Jika Ramadhan tiba saya selalu teringat ibu yang telah tiada,ibu maafkan anakmu yang bandel ini semoga kebaikanmu, kepada anak-anakmu semasa hidup mempermudah jalanmu ke Syurga Nya. Kenangan bersama ibu Sangat berpengaruh dalam sikap hidup saya, disaat Ramadhan ibulah yang menyiapkan sahur dan berbuka bagi ayah dan kami anak-anaknya. Tak pernah saya  melihat rasa lelah tampak di wajahnya, hanya saja saya sering melihat beliau makan sahur sambil terkantuk-kantuk karena lelah yang Sangat.

Kesetiaan seorang suami

thumbnail

 download tulisan ayah artikel kajian inak amak menikah setia Lombok suami syurga-Mu

Amak (bapak:sasak) telah ditinggal inak (ibu:sasak) lebih dari sepuluh tahun,kami anak-anaknya telah sering memberikan saran agar amak menikah lagi. Setiap kali kami menyarankan beliau untuk menikah, selalu dijawab dengan senyuman tanpa memberikan kepastian mau atau tidaknya beliau menikah lagi.

Hingga hari ini , memasuki belasan tahun meninggalnya inak, dan amak tak terlihat sedikitpun mengutarakan keinginannya menikah lagi. Kami pun anak-anaknya telah Berusaha untuk mencarikan jodoh menyodorkan beberapa perempuan yang mungkin beliau sukai. Tetap saja jawabannya tidak ada kepastian, lain halnya jika lelaki lain di Lombok jika sudah ditinggal isterinya, maka paling lambat enam bulan setelah masa berkabung mereka akan mencari pasangan baru.