Tulisan Ayah│Cerita Ayah│Kajian│Sirah Nabawy│Tafsir Quran│Hadits│Tips dan Trik│

Saturday, March 13, 2021

Menemukan Hikmah Di Balik Cobaan

Saat musim hujan begini rumah sering mengalami kebocoran di bagian talang ( penampung Air hujan yang mengalir dari genteng). Langkah yang kami lakukan adalah menaruh beberapa ember untuk menampung sementara air dari talang yang bocor. Saat ember itu udah penuh maka langkah berikutnya adalah membuang air ke saluran pembuangan, lalu mengeringkan lantai yang terkena air agar penghuni rumah tidak terpeleset karena genangan air.

Ketika kami mengepel lantai bersama anak-anak, kami mendiskusikan solusi terbaik agar talang tidak bocor kembali. Saat diskusi seperti ini tiba-tiba saja anak saya yang pertama berbicara, " Abi (ayah) biarkan saja talang ini bocor sampai kita mampu memperbaikinya, kita nikmati dan ikut merasakan bagaiman orang-orang yang rumahnya juga mengalami hal yang sama dengan kita".ungkapnya sambil melanjutkan kegiatan mengepelnya.

Saya tertegun, tak menyangka kata - kata tersebut keluar dari si mbak, sebab selama ini kami sebagai orang tua setiap hujan selalu cemas sebab rumah selalu bocor. Namun kini kami sebagai orang tua mencemaskan mereka jika rumah bocor ,khawatir mereka tidak nyaman didalam rumah. Kini kata-kata itu menjadi pelecut bagi kami sebagai orang tua untuk merencanakan perbaikan rumah kami dengan sebaik-baiknya, sebab bagaimanapun amanah bagi kami  sebagai orang tua untuk memberikan tempat tinggal yang nyaman. Terima kasih anakku kata-katamu menyadarkan kami bahwa setiap cobaan hendaknya diterima dengan bahagia dan menikmatinya. Ya Rabb maafkan khilaf kami jika kami terkadang sering tidak bersabar dalam cobaan yang Engkau berikan.


0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan

 
Top