Tulisan Ayah│Cerita Ayah│Kajian│Sirah Nabawy│Tafsir Quran│Hadits│Tips dan Trik│

Tuesday, January 26, 2021

Muqaddimah Shiroh Ibnu Hisyam

Penceramah 

Ust. Achmad Djalaluddin

Apa kabar para blogger? semoga semua sehat-sehat saja, musim pandemi belum berakhir semoga tidak menyurutkan semangat dalam belajar dan tentu saja update blog. Update blog kali ini, tentang muqaddimah shiroh ibnu Hisyam, shiroh ini dibahas oleh ust. Alimin mukhtar dalam sebuah group Wa. bersifat rutin. InsyaAllah tulisan ini berkelanjutan, semoga kita bisa belajar bagaimana perjalanan hidup Rasulullah dalam shiroh ini. 

Muqaddimah

Cahaya gemilang yang menerpa kegelapan jahiliyah dan paganisme, lalu menjelajah ke segala penjuru sebagaimana awan berarak.

Petunjuk Allah yang dikirimkan-Nya untuk umat manusia yang tengah tersesat, mengangkatnya dari keterlantaran, merengkuhnya dari kebinasaan, dan menyelamatkannya dari perjalanan tak tentu arah yang ditempuhnya dalam kegelapan yang membingungkan dan sisa-sisa ketersesatan.

Kehidupan beliau, shallallahu ‘alaihi wasallam, adalah lembaran-lembaran besar dalam upaya keras menyelamatkan umat manusia, teladan sejati dalam kebajikan dan kasih sayang, perjalanan hidup yang luhur lagi mulia dalam berinteraksi dengan Sang Pencipta dan sesama makhluk, yang mana kegemilangan perjalanan hidup ini terpancarkan sinarnya dalam Kitabullah yang menyatakan, “Sungguh engkau benar-benar berakhlak yang agung.” (QS. Al-Qalam: 4).

Di segala arah dalam buku-buku dokumentasi yang dicatat para ulama sejak dahulu kala pun menebarkan aroma wangi kisah kehidupan itu, juga sepercik cahaya darinya.Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam untuk beliau, serta meridhai dan mencurahkan nikmat-Nya.


Rujukan

Tahdzib Sirah Ibn Hisyam karya Syaikh ‘Abdus Salam Harun, terbitan Muassasah Ar-Risalah Beirut dan Darul Buhuts al-‘Ilmiyyah Kuwait, cet. 14, 1406 H/1985 M.

Sumber:

Tahdzib Sirah Ibnu Hisyam, h. 5

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan

 
Top