Home » , , » Sunnatullah, bahwa nabi diciptkan dengan wajah tampan dan suara bagus

Sunnatullah, bahwa nabi diciptkan dengan wajah tampan dan suara bagus

 

Telah disebutkan dalam hadits sohih bahwa para nabi diciptkan Allagh dengan wajah tampan dan suara yang indah. Bekal fisik ini termasuk penunjang para nabi dalam dakwah, berikut penjelasannya

🌳 Bab 45. Tangis Rasulullah

٢٧٦ - (صحيح) - عبد الله بْنِ الشِّخِّيرِ عَنْ أَبِيهِ قَالَ: أَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ وَهُوَ يُصَلِّي وَلِجَوْفِهِ أَزِيزٌ كَأَزِيزِ الْمِرْجَلِ مِنَ الْبُكَاءِ

♻ 276 - (SHAHIH) - Dari Abdullah bin asy-Syikhkhir: ayahnya berkata, "Aku mendatangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam saat beliau sedang mengerjakan shalat, dan dari rongga (dada) beliau (terdengar) suara desis karena menangis seperti desisan periuk tembaga."

💟 Yakni: Rasulullah menangis dalam shalatnya. Namun beliau menahannya sehingga dari dada beliau terdengar suara seperti panci yang sedang mendidih. Ini tangisan karena takut dan harap kepada Allah.

٢٧٧ - (صحيح) - عن عبد الله بن مسعود رَضِيَ اللَّهُ عَنْه قَالَ: قَالَ لِي رَسُولُ الله: اقْرَأْ عَلَيَّ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَقَرَأُ عَلَيْكَ وَعَلَيْكَ أُنْزِلَ قَالَ إِنِّي أُحِبُّ أَنْ أَسْمَعَهُ مِنْ غَيْرِي فَقَرَأْتُ سُورَةَ النِّسَاءِ حَتَّى بَلَغْتُ { وَجِئِنَا بِكَ على هؤلاء شهيدا } قَالَ فَرَأَيْتُ عَيْنَيْ رَسُولِ الله تهملان

🎁 277 - (SHAHIH) - Abdullah bin Mas'ud berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda kepadaku, "Bacakan (Al-Quran) kepadaku!" Aku berkata, "Wahai Rasulullah, pantaskah saya yang membacakannya kepada Anda, sedangkan (Al-Qur'an) itu diturunkan kepada Anda?" Beliau bersabda, "Sungguh aku ingin mendengarkannya dari orang lain." Maka aku pun membaca surah an-Nisa' hingga aku sampai: "wa ji'na bika 'ala ha'ula'i syahida" (ayat 41), aku melihat kedua mata Rasulullah berlinang air mata."

📝 Rasulullah ingin mendengar bacaan Qur'an Ibnu Mas'ud bukan untuk mengujinya, namun ingin menikmatinya. Hal ini karena pendengar biasanya lebih bisa berfokus mentadabburi makna, sedangkan pembaca kadang lebih sibuk untuk memperhatikan tajwid dan makharijul huruf. Ibnu Mas'ud adalah Sahabat yang dikenal sangat bagus bacaan Qur'an-nya.

📌 Dari hadis ini diteladani bahwa orang yang lebih tinggi derajatnya tidak perlu segan untuk mengambil faidah dan ilmu dari orang yang lebih rendah darinya. Tidak sedikit ulama terdahulu yang belajar dari muridnya atau ulama lain yang lebih muda.

🎯 Rasulullah menangis karena seolah-olah menyaksikan langsung dahsyatnya pengadilan Hari Kiamat yang dikisahkan dalam ayat-ayat yang dibacakan Ibnu Mas'ud. Saat itu seluruh umat didatangkan dan para Nabi terdahulu yang diutus kepada mereka diminta bersaksi atas amal mereka, dan betapa buruknya amal mereka. Lalu, umat ini juga didatangkan dan Rasulullah diminta bersaksi atas amal kita. Beliau pun menangis membayangkan saat-saat yang pasti terjadi itu. Subhanallah!


📚 Sumber:

- Asy-Syamail Al-Muhammadiyyah, no. 322, 323.

- Mukhtashar Asy-Syamail Al-Muhammadiyyah, no. 276, 277.

- Al-Mawahib Al-Laduniyyah, hal. 527-529.

Thanks for reading Sunnatullah, bahwa nabi diciptkan dengan wajah tampan dan suara bagus

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan