Home » , , , » Rasulullah adalah pemimpin yang hidup dalam kesederhanaan

Rasulullah adalah pemimpin yang hidup dalam kesederhanaan

Khutbah,Hadits,kajian, Mengenal Rasulullah, kesederhanaan Rasulullah,kulit hewan, kasur dari serabut
Reflika tempat tidur Rasulullah

Jika kita lihat para pemimpin dunia hidup dalam kemewahan tidak demikian dengan Rasulullah, tempat tidur beliau bukannlah barang mewah,bahkan bisa diesbut jauh dari kemewahan dan sangat sederhana bahkan dibandingkan dengan umat yang dipimpinnya. Simak penjelasan  hadits berikut tentang model tempat tidur Rasulullah : 

٢٨٢ - (صحيح) - عن عائشة رَضِيَ اللَّهُ عَنْها قَالَتْ: إِنَّمَا كَانَ فِرَاشُ رسول الله الَّذِي يَنَامُ عَلَيْهِ مِنْ أَدَمٍ حَشْوُهُ لِيفٌ

🌴 282 - (SHAHIH) - Aisyah berkata, "Dulu kasur Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam hanyalah (terbuat) dari kulit yang diisi dengan sabut."

🌷 Begitu sederhananya kasur Rasulullah, yang dibuat dari kulit hewan (misalnya kambing) yang telah disamak dan diisi dengan sabut dari pohon kurma. Bisa jadi kasur seperti ini lazim dipergunakan di masa itu. Namun secara umum kehidupan beliau sangat sederhana bahkan menurut ukuran zamannya, terlebih-lebih lagi jika dibandingkan dengan kehidupan kita di zaman sekarang.

🌿 Kehidupan beliau berada di jalan kezuhudan. Beliau sengaja meninggalkan kesenangan duniawi karena memilih akhirat. Namun, tidur di atas kasur tidak bertentangan dengan sikap zuhud, asalkan tidak mengakibatkan malas bangun dan kendor dalam beribadah. Jika berdampak negatif, maka Rasulullah tidak menyukainya sebagaimana akan kita lihat dalam riwayat berikutnya.

📚 Sumber:

- Asy-Syamail Al-Muhammadiyyah, no. 328.

- Mukhtashar Asy-Syamail Al-Muhammadiyyah, no. 282.

- Al-Mawahib Al-Laduniyyah, hal. 537.

Thanks for reading Rasulullah adalah pemimpin yang hidup dalam kesederhanaan

Newest
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan