Home » , » Ayo Puasa Arofah

Ayo Puasa Arofah

Kumpul di Masjid
Sobat umur kita adalah misteri, tak ada yang bisa memastikan berapa tahun kita akan bertahan hidup didunia. Kematian adalah kepastian, sementara kapan terjadinya adalah rahasia Allah SWT., selagi kita bisa berbuat baik dan bermanfaat mari lakukan dengan Ikhlas.Pahala kita belum tentu sepadan dengan dosa kita, bisa jadi prosentase dosa lebih banyak ketimbang pahala. Akan tetapi Rasulullah pada beberapa haditsnya sering memerintahkan kepada kita , untuk melakukan sebuah ibadah yang di kategorikan sebagai solusi masalah atas problem lebih banyaknya perbuatan yang berpotensi dosa ketimbang pahala.


Puasa Arofah, puasa ini dilaksanakan setiap tanggal 9 dzulhijjah bagi umat Islam yang tidak sedang melaksanakan Hajji. Puasa ini bisa menjadi solusi bagi siapa saja yang bisa jadi dosanya lebih banyak dibandingkan dengan umurnya saat ini. Dan jika dihitung, kematian lebih cepat daripada berkurangnya dosa, jika demikian maka puasa Arofah adalah solusinya.
Rasulullah dalam hadits menyebutkan tentang keutamaan puasa Arofah : 

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)


Nah tunggu apa lagi besok waktunya berpuasa Arofah, semoga Allah mengampuni dosa kita setahun yang lalu.

Thanks for reading Ayo Puasa Arofah

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

4 komentar:

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan