Home » , , » Ciri-ciri orang yang Sukses melaksanakan Ibadah Ramadhan

Ciri-ciri orang yang Sukses melaksanakan Ibadah Ramadhan

Ciri-ciri orang yang Sukses melaksanakan Ibdah Ramadhan, Ramadhan 1441 H, ciri orang bertaqwa
Ucapan selamat Idul Fitri
Ramadhan 1441 H telah meninggalkan kita, namun corona belum jua menunjukkan tanda-tanda akan pergi entah sampai kapan. Semoga Allah menjaga kita semua dari dampak Corona, kita semua merasakan betapa dahsyat dampak dari Virus ini. Dampak yang paling terasa adalah penurunan produktifitas disektor ekonomi, karena terjadinya PHK dimana-mana, maka tak heran dampak ekonomi ini memunculkan masalah baru dimasyarakat kita yaitu naiknya angka kriminilitas.


Sebulan penuh Allah melatih kita untuk berpuasa dari segala macam kehendak hawa nafsu, mudah-mudahan latihan yang telah diikuti dapat membentuk manusia baru dengan berabgai sifat yang mengagumkan. 

Hikmah besar dari perjalanan puasa adalah membentuk manusia yang bertaqwa, bagaiman ciri-ciri orang yang bertaqwa?, Allah SWT. berfirman : 

ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ فِى ٱلسَّرَّآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَٱلْكَٰظِمِينَ ٱلْغَيْظَ وَٱلْعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِ ۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلْمُحْسِنِينَ 

 Artinya : (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (Ali Imron 134)


Tafsir Quran Surat Ali ‘Imran Ayat 134 134. Orang-orang yang bertakwa ialah orang-orang yang membelanjakan hartanya di jalan Allah dalam keadaan mudah maupun susah, yang menahan amarahnya meskipun sebenarnya mampu melampiaskannya, dan yang memaafkan orang yang berbuat zalim kepadanya. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik yang memiliki perangai semacam itu.

Jika puasa seorang mukmin sukses, maka sifat luhur itu akan menjadi karakter dalam dirinya sehingga ia akan mengalami harmonisasi dalam hidupnya. Sifat yang disebutkan dalam ayat tersebut membuat orang mukmin menjadi istemewa diantar manusia lainnya.
 
Pertama, orang yang bertaqwa itu orang yang selalu bersedekah atau berinfaq dalam kondisi lapang maupun sempit. Jika seseorang bersedekah dalam kondisi lapang, maka tidaklah istimewa melainkan itu sebuah kewajaran. Tetapi jika bersedekah dalam keadaan sempit dapat dilakukan oleh seseorang maka ini adalah istimewa, keistimewaannya terletak pada kerelaan ia memberikan sedekah meskipun ia dalam keadaan tak berpunya. Bagi seorang mukmin yang baik bersedakah tak menunggu harus kaya, melainkan bersedekah disaat orang lain membutuhkan uluran tangannya, terlebih lagi pada saat kondisi seperti saat ini. Sifat seperti ini dimusim-musim seperti ini, dapat meringankan beban orang-orang yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi covid19.

kedua, orang yang bertaqwa itu menahan amarahnya saat ia mampu menyalurkan rasa marahnya. Sifat ini menjadi ciri khas kedua bagi orang yang bertaqwa, sebab marah ibarat api yang dapat membakar segalanya, bayangkan jika marah tak bisa ditahan maka kekacauan akan terjadi dimana-mana. Rasulullah menjanjikan surga bagi siapa saja yang mampu menahan marahnya, apalagi dalam tanda kutip ia mampu dan berhak marah ketika itu. Namun tidak ia lakukan, sebab tak ada yang dihasilkan oleh marah kecuali penyesalan,kegusaran dan dendam bagi orang yang terkena kemarahannya.

ketiga, orang bertaqwa itu memaafkan orang yang berbuat zhalim,kezahliman sesuai namanya adalah gelap ia tidak mampu melihat mana yang benar dan salah. Akibat zhalim ini amat terasa bagi orang yang di zhalimi, tentu saja tidak setiap manusia merasa enak dizhalimi. Bahkan Rasulullah mengatakan bahwa "doa orang yang terzhalimi itu mustajab" ( doa yang tidak tertolak. Orang yang bertaqwa memiliki sifat luhur, yang membuat dirinya senantiasa berfikir akibat jangka panjang, maka meskipun ada legalitas doa atas dirinya yang terzhalimi, namun tidak dimanfaatkannya untuk membalasa kezahilaman yang diterimanya. Kondisi orang terzhalimi terkadang tidak memberikan ruang gerak yang luas, sebab orang terzhalimi seperti orang yang terdesak,terpaksa, sehingga ia melakukan hal-hal yang mungkin dapat menyelamatkannya. Karena itu orang yang memiliki sifat pemaaf saat ia terzhalimi ini menunjukkan sifat yang mengagumkan sampai-sampai Allah menjadikannya sebagai ciri-ciri orang yang bertaqwa.

Sifat orang yang bertaqwa berikutnya, di sebutkan dalam surat yang sama pada ayat berikutnya : 


وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَىٰ مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ

Artinya ; Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.( Ali Imron ayat 135)

Keempat, orang yang bertaqwa apabila mengerjkan dosa ia segera ingat Allah dan bertaubat. Allah memahami betul bahwa manusia itu adalah mahluk-Nya yang tak luput dari salah dan dosa. Tetapi sifat yang mencerminkan orang yang bertaqwa adalah selalu segera bertaubat jika melakukan kesalahan. Ia tidak menunggu Allah memberikan ia teguran (ujian , musibah dan cobaan penggugur dosa) melainkan segera tersadar dan bergegas untuk menuju ampunan Allah SWT.

Kelima, orang yang bertaqwa tidak terjebak dalam perbuatan dosa, artinya tidak terus-menerus melakukan dosa. Begitu ia menyadari bahwa sebuah perbuatan itu adalah dosa, maka ia tidak akan pernah membiarkan dirinya terjebak terus menerus melakukan maksiat, bahkan ia akan segera mengganti perbuatan dosa itu dengan berbuat baik. Mudah-mudahan saya dan anda yang membaca postingan ini, diberikan karunia berupa sifat-sifat taqwa yang terdapat dalam surat Ali Imran ayat 134-135. 

Penulis mengucapkan selamat hari raya idul Fitri mohon maaf lahir dan batin. 

تقبل الله منا و منكم كل عام و انتم بخير.


Referensi: https://tafsirweb.com
                   Tafsir.com



Thanks for reading Ciri-ciri orang yang Sukses melaksanakan Ibadah Ramadhan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

8 komentar:

  1. Selamat hari raya idul fitri 1441 H mohon maaf lahir dan batin :)

    ReplyDelete
  2. selamat hari raya idul fitri mas mawardi, maaf lahir batin

    ReplyDelete
  3. mohon maaf lahir dan batin ya :D

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan