Home » , , , » Tinggi badan Rasulullah pertengahan

Tinggi badan Rasulullah pertengahan


Serial lanjutan syamail Muhammadiyah
Jumaat berkah mari perbanyak sholawat untu Rasulullah, Memandang fisik Rasulullah dengan bentuk yang proporsional, maka tak heran ada sahabat yang mengatakan bahwa saya tidak pernah melihat pria seganteng Rasulullah, ya Allah aku rindu Rasulullah :


٣ - (صحيح) - الْبَرَاءَ بْنَ عَازِبٍ يَقُولُ: (كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ رَجُلًا مَرْبُوعًا بَعِيدَ مَا بَيْنَ الْمَنْكِبَيْنِ عَظِيمَ الْجُمَّةِ إلى شَحْمَة أذنيه عَلَيْهِ حُلَّةٌ حَمْرَاءُ مَا رَأَيْتُ شَيْئًا قَطُّ أَحْسَنَ منه

:rose: 3 - (SHAHIH) - Al-Bara' bin 'Azib berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam adalah pria yang pertengahan (tingginya), lebar pundaknya, tebal rambutnya lagi panjang hingga melampaui cuping telinganya. Beliau (pernah) memakai baju merah. Saya samasekali tidak pernah melihat sesuatu pun yang lebih indah/tampan darinya."

:cactus: "Lebar pundaknya" berarti pula lapang dadanya. Ini salah satu tanda kemuliaan kepribadian. "Cuping telinga" yaitu bagian paling bawah, tempat anting-anting (pada wanita). "Hullah" (pakaian) adalah satu set pakaian terdiri dari dua potong baju bagian luar dan dalam. Imam Syafi'i berhujjah dengan hadis ini tentang bolehnya memakai baju berwarna merah, termasuk merah terang. Namun, terkadang baju seperti ini dipakai orang-orang fasik, sehingga makruh karenanya, supaya tidak menyerupai mereka. Tidak benar jika makruh secara mutlak. Menurut riwayat Ibnul Jauzi, dari jalur Ibnu Hibban, Nabi pernah membeli "hullah" senilai 27 ekor unta dan mengenakannya. Artinya, ada masa dimana baju beliau bagus dan mahal, tapi ada masa pula sebaliknya. "Sesuatu pun", artinya: beliau lebih indah dari apa pun, baik manusia maupun lainnya. Ini merujuk kepada Nabi, bukan bajunya.

وفي رواية عنه قَالَ: (مَا رَأَيْتُ مِنْ ذِي لِمَّةٍ فِي حُلَّةٍ حَمْرَاءَ أَحْسَنَ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ لَهُ شَعْرٌ يَضْرِبُ مَنْكِبَيْهِ بَعِيدُ مَا بَيْنَ الْمَنْكِبَيْنِ لَمْ يَكُنْ بِالْقَصِيرِ ولا بالطويل)

:four_leaf_clover: Dalam riwayat lain, dari al-Bara' juga, ia berkata, "Saya tidak pernah melihat seseorang berambut panjang melebihi cuping telinga yang memakai baju merah yang lebih tampan dari Rasulullah. Rambutnya menyentuh kedua pundaknya. Kedua pundaknya lebar. (Posturnya) tidak pendek dan tidak pula jangkung."

:ear_of_rice: Riwayat ini memperjelas yang sebelumnya. Biasanya, laki-laki berambut panjang sampai sepundak cenderung kumal dan acak-acakan. Kata "limmah" (اللمّة) bisa berarti rambut yang kotor dan kusut. Tapi, Rasulullah tidak begitu. Rambutnya panjang sebahu, tebal, rapi, bersih, dan menawan siapa saja yang melihatnya. Inilah alasan mengapa al-Bara' secara khusus menyinggung masalah ini.

:books: Sumber:
- Asy-Syamail Al-Muhammadiyyah, no. 3, 4.
- Mukhtashar Asy-Syamail Al-Muhammadiyah, no. 3.
- Al-Mawahib Al-Laduniyyah, hal. 29-35.
Thanks for reading Tinggi badan Rasulullah pertengahan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

22 komentar:

  1. mencoba belajar sosok baginda Nabi. dengan mengerti ciri cirinya kita jg termasuk cinta Nabi. terimakasih mas

    ReplyDelete
  2. Ternyata memakai pakaian merah terang tidak dilarang, bahkan ada riwayatnya ya kalo Rasulullah Saw pernah memakainya, makasih infonya gan.

    ReplyDelete
  3. SubhanAllah rindu bertemu rasulullah. apa rambut saya dibuat begitu ya

    ReplyDelete
  4. Allahumma sholli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad.. Terimakasih sudah berbagi kisah tentang Rasulullah.. Semoga makin menambah kecintaan kita terhadap beliau..

    ReplyDelete
  5. Saya juga lagi berusaha gondrong nih.

    Tapi saya akui hanya lelaki yang benar benar rajin dan tekun yang bisa menjaga rambutnya selalu bersih.

    Jadi makin penassran nih sama fisik indahnya Rasulullah 😭😭

    ReplyDelete
  6. Saya pikir pakaian Rasulullah cenderung putih semua, ternyata warna terang kayak merah juga dikisahkan pernah dipakainya ya.
    Masha Allah, semoga nanti kita semua bisa berjumpa dengan kekasih Allah tersebut, aamiin

    ReplyDelete
  7. Setelah baca ini langsung shalawatan :)

    ReplyDelete
  8. rambut panjang bukan gondrong yang pasti terlebih kotor dan kusut.

    terrima kasih pencerahannya pak

    ReplyDelete
  9. Masya Allah, bacanya bikin terpesona, semoga nanti bisa bertemu... Aamiin...

    ReplyDelete
  10. Trims penjelasannya mas, makin kebayang sosok yang menjadi tauladan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih Bang Day atas kunjunganny, apa yang ditulis dalam artikel ini dimaksudkan agar kita semakin mengenal beliau

      Delete
  11. Mungkin sekitar 170an akhir - 180an awal kali yaa kalau tingginya pertengahan (standar timur tengah

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan