Home » , , , » Rutinitas seorang guru

Rutinitas seorang guru


download artikel tulisan ayah kajian khutbah Visi misi  kesiswaan kurikulum BK wali kelas adab ilmu reorientasi
penjelasan materi adab dan ilmu

Satu pekan ini saya disibukkan dengan menyiapkan para siswa untuk kembali siap belajar, ibarat mesin kendaraan harus di panaskan dulu sebelum mesin dijalankan. Libur selama kurang lebih satu bulan, membuat para siswa menurun semangat belajarnya. Akhirnya sekolah memprogramkan reorientasi kepada para siswa. Inilah bagian tugas  yang harus dijalankan para guru disekolah, sebab jika langsung melaksanakan KBM bisa jadi kurang maksimal begitulah rutinitas tahunan para guru dalam memulai setiap tahun pelajaran baru. Pada program reorientasi kali ini siswa mendapatkan beberapa materi diantaranya :


Pertama penjelasan Visi- misi  sekolah, penjelasan ini penting agar para siswa memahami tujuan mereka bersekolah. Lalu target apa yang ingin dicapai oleh sekolah tahun ini? Penjelasan dan pemaham tentang ini menjadi penting, agar para siswa bisa melakukan sinergi dengan pihak penyelenggara sekolah dan semua yang terlibat didalamnya. Materi visi dan misi ini biasanya disampaikan oleh kepala sekolah.

Kedua penjelasan kurikulum, dinamisnya kurikulum yang digunakan dalam system Pendidikan kita membuat para waka. kurikulum disekolah harus sering mensosialisasikan model kurikul yang digunakan. Penjelasan kurikulum juga sebagai  sarana mengakrabkan siswa dengan bahan ajar yang akan mereka dapatkan selama proses KBM berlangsung. Materi ini biasanya disampaikan oleh waka. Kurikulum.

Ketiga materi kesiswaan, jika kurikulum memfokuskan pembahasannya pada materi aqliyah mencerdaskan siswa secara pikiran. Maka kesiswaan bertugas membentuk karakter, seperti apa kebiasaan para siswa disekolah maka tugas ini menjadi tugas pokok kesiswaan. Meskipun dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan seluruh dewan guru. Kebiasaan sholat jamaah, baca quran, datang tepat waktu , patuh terhdapat aturan adalah sebagian dari tugas kesiswaan untuk mengawal kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan tersebut. Materi ini biasa disampaikan oleh waka. Kesiswaan disekolah.

Keempat materi kebekaan (BK), pada jenjang sekolah lanjutan kebekaan memegang peranan penting dalam hal menjaga stbilitas emosi para siswa. Kebekaan menjadi ujung tombak penanganan para siswa yang menghadapi masalah, baik ddengan temannya, study lanjut, atau bahkan permasalahan dengan guru. Kebekaan disekolah saya minimal mendata permasalahan siswa setiap bulan, memanggil siswa yang bermasalah, ataupun sebagai konsultaan para siswa yang akan menentukan Pendidikan selanjutnya. Sesuai Namanya kebekaan biasanya disampaikan oleh guru BK disekolah.

Kelima materi kewali kelasan, materi ini tentu saja disampaikan oleh wali kelas. Wali kelas mengumpulkan seluruh anggota kelas lalu bermusyawarah membuat struktur kelas, mengadakan  pemilihan kelas sebagai pembelajaran demokrasi. Mengiventarisir kebutuhan kelas, menuyusun program-program yang akan dilaksanakan dalam satu tahun.

Kelima materi adab dan Ilmu, setiap para penuntut ilmu tentu  berharap ilmunya lebih berkah, artinya ilmu yang didapatkan tidak hanya sebagai pengetahuan tapi dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Materi ini sangat penting sebab marakanya peristiwa pemukulan guru, pelaporan guru , atau kriminalisasi guru mnejadi penanda bahwa pada dekade ini para siswa mengalami dekradasi adab. Materi adab dan ilmu, mencoba mengembalikan jati diri para siswa , agar senantiasa hormat dan beradab kepada para guru yang pernah mencurahkan tenaga dan pikirannya dalam mendidik mereka.
kisah tentang adab para ulama salaf

Bagi sekolah kami reorientasi ini telah menjadi siklus tahunan untuk dijalankan , demi mengantar para siswa menjadi manusia yang sukses secara lahiriyah namun memiliki spiritual yang memadai dalam menghadapi persaingan dimasa mendatang. Bagaimana dengan dengan sekolah anda?

Thanks for reading Rutinitas seorang guru

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

29 komentar:

  1. Kak, ngajar apa nih? Aku guru les sih.
    Keren banget jadi guru, semoga sukses ya Kak.
    Semangat untuk persiapan menuju tahun akademik baru...
    Kita sama-sama kok Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngajar bahasa Arab, wah terima kasih kunjungannya semoga sukses di dunia pendidikannya

      Delete
    2. Wah... keren Kak, kalau saya ngajar anak tetangga tiap malem, mulai dari TK sampai SD.
      Sama-sama sukses di dunia pendidikan ya Kak. Aamiin

      Delete
  2. Guru adalah profesi yang mulia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul jangan merasa rendah diri jadi guru

      Delete
  3. Dulu, waktu kecil saat ditanya cita2 pasti saya menjawab ingin jadi guru.. sangat berat ternyata menjadi guru,,
    buat guru2 dimanapun anda berada,, saya mengucapkan terimakasih buat ilmunya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas penghargaannya kepada guru, semoga ilmu anda berkah

      Delete
  4. kaipa haluk ya ustadz senang bertemu seorang guru apalagi guru bahasa Arab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bikhoir, senang juga berkawan dengan anda

      Delete
  5. I have always known that the work of a teacher is a very hard job
    greetings
    Lili

    ReplyDelete
    Replies
    1. I agree with your Opinion, thank you for Visiting

      Delete
  6. Ilmu tanpa adab, bisa ngaco dan congkak, setinggi apapun ilmunya, tanpa mengerti adab terhadap guru atau rekan - rekannya, bisa bahaya, banyak kok contohnya orang - orang yang berilmu tapi gak beradab, akhirnya auto penjara hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. MasyaAllah terima kasih atas responnya semoga para siswa Indonesia semakin beradab

      Delete
  7. Semoga siswa nantinya beradab ketika mulai belajar...menghargai guru

    ReplyDelete
  8. Aamiin terima kasih atas doanya

    ReplyDelete
  9. Wah jadi guru selain mencari nafkah sebuah profesi yg bnyk pahalanya yaitu mengajarkan ilmu bermanfaat
    Ponakan ku juga mudah"an betah jd guru hehe baru mulai terjun soalnya

    ReplyDelete
  10. Semoga sukses pak dan menelurkan murid2 teladan untuk masa depan nanti...😄😄

    Meski terkadang profil seorang guru perlu perjuangan serta royalitas yang tinggi..😄😄

    ReplyDelete
  11. sobahal khair, ya ustaz. kaifa halluka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. صباح النور انا بخير الحمد لله

      Delete
  12. Saya bukan guru, tapi kagum dengan guru-guru yang berdedikasi untuk mengembangkan siswa-siswanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masyaAllah terima kasih atas penghargaannya

      Delete
  13. Replies
    1. mantab mudahan diwariskan ke anaknya, terima kasih telah berkunjung

      Delete
  14. kerenlah ngajar bhsa arab dan agama ke murid muridnya. semga barokah pak guuru

    ReplyDelete
  15. Di lingkungan mesjid saya banyak orang Arab. Bisa praktek ngomong Arab sedikit-sedikit

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan