Home » , , , » Mengenal Rasulullah : Gambaran fisik Rasulullah

Mengenal Rasulullah : Gambaran fisik Rasulullah

download tulisan ayah kajian hadits mengenal rasulullah gambaran fisik Makkah Madinah coklat gelap tinggi jangkung

Rasulullah SAW. adalah panutan umat Islam, seluruh aspek kehidupan beliau menjadi perhatian umatnya. Mengenal pribadinya merupakan sebuah keharusan bagi para pemeluk agama Islam, sebab ia  nabi terakhir, pembawa wahyu yang disebut dengan Al Qur'an. Maka segala hal yang berkaitan dengan Rasulullah menjadi sorotan umat Islam, sekaligus menjadi model aplikasi dari apa yang telah difirmankan Allah dalam Al Qur'an. Postingan saya dan seterusnya secara berkala akan saya update berkaitan dengan kehidupan dan kepribadian Rasulullah. Postingan ini merupakan ringkasan, dari pembahasan tentang Rasulullah pada kita Syamail Muhammadiyah, yang diterjemahkan oleh Ust. Alimin Mukhtar, dimulai dengan gambaran fisik Rasulullah: 

١ - (صحيح) - عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّهُ سَمِعَهُ يَقُولُ: (كَانَ رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ لَيْسَ بِالطَّوِيلِ الْبَائِنِ وَلَا بِالْقَصِيرِ وَلَا بِالْأَبْيَضِ الْأَمْهَقِ وَلَا بِالْآدَمِ وَلَا بِالْجَعْدِ الْقَطَطِ وَلَا بِالسَّبْطِ بَعَثَهُ اللَّهُ تَعَالَى عَلَى رَأْسِ أَرْبَعِينَ سَنَةً فَأَقَامَ بِمَكَّةَ عَشْرَ سِنِينَ وَبِالْمَدِينَةِ عَشْرَ سِنِينَ وَتَوَفَّاهُ اللَّهُ عَلَى رَأْسِ سِتِّينَ سَنَةً وَلَيْسَ فِي رَأْسِهِ وَلِحْيَتِهِ عِشْرُونَ شَعْرَةً بَيْضَاءَ)

:sunflower: 1 - (SHAHIH) - Anas bin Malik berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (tubuhnya) tidak tinggi jangkung dan tidak pula pendek; (kulitnya) tidak putih bule dan tidak pula coklat gelap; (rambutnya) tidak keriting kriwul dan tidak pula lurus. Allah mengutusnya pada permulaan usia 40-an tahun, lalu bermukim di Makkah 10 tahun dan di Madinah 10 tahun. Allah mewafatkan beliau pada permulaan usia 60-an tahun, sementara di kepala dan jenggotnya terdapat tidak lebih dari 20 rambut putih."

:maple_leaf: Menurut riwayat yang masyhur, beliau bermukim di Makkah 13 tahun dan di Madinah 10 tahun. Hitungan 10 tahun di Makkah tidak memasukkan 3 tahun saat berdakwah sembunyi-sembunyi (da'wah sirriyah). Menurut riwayat Ibnu Sa'ad, uban di kepala dan jenggotnya cuma 17 helai.


٢ - (صحيح) - وعنه قال: (كان رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم َ رَبْعَةً لَيْسَ بِالطَّوِيلِ وَلَا بِالْقَصِيرِ حَسَنَ الْجِسْمِ وَكَانَ شَعْرُهُ لَيْسَ بِجَعْدٍ وَلَا سَبْطٍ أَسْمَرَ اللَّوْنِ إِذَا مشى يتكفأ)


:cherry_blossom: 2 - (SHAHIH) - Dari Anas pula, ia berkata, "Rasulullah itu sedang tinggi badannya, tidak jangkung dan tidak pula pendek. Sangat bagus (proporsi) tubuhnya. Rambutnya tidak keriting dan tidak pula lurus. Warna kulitnya kecoklatan (sawo matang). Bila berjalan, (tubuhnya) sedikit condong ke depan."

:palm_tree: Yang dimaksud "keriting" adalah seperti rambut orang negro. Tapi rambut beliau juga tidak sangat lurus. Jadi, rambutnya ikal bergelombang, antara lurus dan keriting. Yang dimaksud "condong ke depan" adalah karena cara jalan beliau cenderung cepat, seperti turun dari bukit ke lembah.

:books: Sumber:
- Asy-Syamail Al-Muhammadiyyah, no. 1, 2.
- Mukhtashar Asy-Syamail Al-Muhammadiyah, no. 1, 2.
- Al-Mawahib Al-Laduniyyah, hal. 17-29.
Thanks for reading Mengenal Rasulullah : Gambaran fisik Rasulullah

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

7 komentar:

  1. Warna kulitnya sawo matang, berarti ya mirip-mirip dengan kulit orang indonesia gitu kah?

    ReplyDelete
  2. pengen ketemu saya minimal di mimpi aja. aamiin
    katanya ko ktemu di mimpi ya itu rasulullah karna setan ga bisa menyerupainya.

    ReplyDelete
  3. Baru tau kalo Nabi Muhammad kulitnya coklat. Tapi pasti beliau cakep, orang arab aja cakep-cakep parasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak riwayat mengenai warna kulit beliau, yang jelas kulitnya tidak seperti kulit bule

      Delete

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan