Home » , , , , , » Ramadhan dan pendidikan keluarga

Ramadhan dan pendidikan keluarga

download artikel kajian khutbah Gaza Ramadhan tarbiyah keluarga Quality time motivasi zakat i'tikaf sedekah
Acara kumpul keluarga bani Napiah
Masuknya bulan Ramadhan tahun ini ditandai dengan serangan Israel ke Gaza,berbeda dengan negara kita bulan Ramadhan ditandai dengan masih sibuknya bangsa kita dengan penghitungan hasil pemilu Caleg dan capres. Sebagai seorang muslim, suasana ini tidaklah mengganggu kegembiraan kita berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan.


Kegembiraan ini tentu saja sangat terasa dalam setiap jiwa yang terpanggil untuk menjalankan perintah puasa, rasa gembira dalam diri seseorang akan berinplikasi pada spirit ibadah yang mereka jalankan dibulan Ramadhan. Kita berharap Ramadhan kali ini ,bukanlah rutinitas seperti tahun-tahun sebelumnya karena itu di sepuluh awal Ramadhan ini, mari sedikit mengevaluasi ibadah yang kita jalankan. Apakah ibadah kita kali ini sudah sesuai rencana awal yang telah kita susun sebelum Ramadhan tiba? Jika sudah maka mari kita lihat apakah kwalitas ibadah Ramadhan yang di lakukan tahun ini sudah lebih berkwalitas dibanding tahun lalu?. Meningkatkan kwalitas ataupun kwantitas ibadah ditahun ini merupakan wujud syukur  kepada Allah akan nikmat umur yang diberikan sehingga  dapat bertemu Ramadhan tahun ini. Dan janji Allah ,bagi yang bersyukur adalah ditambahkannya nikmat yang diberikan, semoga kita termasuk yang bersyukur. 

وَلَقَدْ آتَيْنَا لُقْمَانَ الْحِكْمَةَ أَنِ اشْكُرْ لِلَّهِ ۚ وَمَنْ يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ ۖ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ
Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji”. (Luqman: 12)

Ramadhan disebut dengan berbagai nama, salah satunya bulan tarbiyah, bulan dimana umat Islam mendidik dirinya menjadi lebih cerdas dalam bersikap,cerdas spiritual, cerdas finansial dan cerdas aqalnya. Kecerdasan-kecerdasan yang telah disebutkan tidaklah hadir dalam waktu yang singkat, namun ia membutuhkan latihan yang serius. 

Mengapa Ramadhan disebut bulan tarbiyah? Sebab dibulan ini segala aspek kecerdasan secara merata mendapat perhatian maksimal dari pemiliknya. Tarbiyah dibulan Ramadhan juga berarti mendidik para generasi agar peduli terhadap ibadah,peduli terhadap lingkungan, dan peduli untuk berbagi dengan sesama. Anak-anak yang saat ini sedang bertumbuh kembang, perlu mendapatkan perhatian dari orang tuanya. Euporia Ramadhan bisa jadi saat yang paling tepat ,untuk mulai menanamkan kepada anak-anak akan pentingnya ibadah, nikmatnya berjamaah, nikmatnya berbagi dengan sesama.

Raamdahan disebut sebagai bulan tarbiyah karena, dibulan inilah puasa yang dilakukan umat Islam lebih lama, dibulan Ramadhan banyak ibadah yang bisa dilaksanakan diantaranya shalat tarawih,membaca quran sedekah, zakat, umrah serta I’tikaf. Pada bulan Ramadhan pahala dilipatgandakan, sehingga motivasi kaum muslimin untuk beribadah tidak mudah kendor karena janji tersebut.

Dalam keluarga Hal sederhana yang bisa dilakukan oleh orang tua dibulan tarbiyah ini adalah mengajak mereka untuk tarawih Bersama dimasjid, mengajak mereka untuk berdoa sebelum sahur dan menjelang berbuka, mengajak mereka untuk rajin bersedekah dengan membekali mereka uang untuk dimasukkan kedalam kotak amal yang ada di masjid. Anak-anak juga bisa diajak membaca al Quran agar mereka selalu ingat akan pedoman uatama hidup mereka, ada hikmah dibalik mmebaca al Quran bagi anak-anak diantaranya melembutkan hati mereka, sehingga mudah diajak untuk melakukan kebaikan, juga memperlancar bacaan al Quran mereka. Mungkin saja diluar bulan suci Ramadhan kita sebagai orang tua jarang membersamai mereka dalam setiap kegiatan. Maka datangnya Ramadhan menjadi Quality time bagi keluarga untuk merekatkan yang renggang, mengumpulkan yang tercerai berai dan menyatukan yang terpisah. Selamat beribadah Ramadhan semoga Ramadhan ini lebih baik dari tahun sebelumnya.
Thanks for reading Ramadhan dan pendidikan keluarga

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

4 komentar:

  1. Setuju sob
    Selain itu bulan puasa buat mendidik hawa nafsu kita
    Dan juga bisa saling berbagi baik buat tetangga saudara dll

    ReplyDelete
  2. semoga saudara kita di palestin, syria, urumqi dan di mana shj yg ditindas dapat menjalani ibadah puasa sebaiknya dan andai ini puasa terakhir mereka, moga pahala syahid diberi kepada mereka...

    ReplyDelete
  3. p/s terlalu banyak blog yang perlu dijejaki tapi ini sahaja yang sy mau follow... tp mana button follow nya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Follownya ada di sidebar bawah, terima kasih telah mampir dirumah saya dear anies

      Delete

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan