Home » , , , » Kesetiaan seorang suami

Kesetiaan seorang suami


 download tulisan ayah artikel kajian inak amak menikah setia Lombok suami syurga-Mu

Amak (bapak:sasak) telah ditinggal inak (ibu:sasak) lebih dari sepuluh tahun,kami anak-anaknya telah sering memberikan saran agar amak menikah lagi. Setiap kali kami menyarankan beliau untuk menikah, selalu dijawab dengan senyuman tanpa memberikan kepastian mau atau tidaknya beliau menikah lagi.

Hingga hari ini , memasuki belasan tahun meninggalnya inak, dan amak tak terlihat sedikitpun mengutarakan keinginannya menikah lagi. Kami pun anak-anaknya telah Berusaha untuk mencarikan jodoh menyodorkan beberapa perempuan yang mungkin beliau sukai. Tetap saja jawabannya tidak ada kepastian, lain halnya jika lelaki lain di Lombok jika sudah ditinggal isterinya, maka paling lambat enam bulan setelah masa berkabung mereka akan mencari pasangan baru.


Berbeda dengan amak, sikapnya yang setia membuat heran beberapa teman beliau yang seusia dan senasib ditinggal mati oleh isterinya  , sudah memiliki pasangan baru. Suatu saat ada seorang teman dekat amak yang bertanya kepada saya saat mudik beberapa tahun lalu. “ mawar (panggilan akrab saya dikampung), angkakne ndek mele merarik malik amak mek”? kalau diterjemahkan begini “ mawar kenapa  bapakmu tidak mau menikah lagi”. Saya selalu menjawab bahwa, kami sudah sering menyarankan beliau menikah lagi namun tetap belum berkenan.

Amak bisa jadi merupakan salah satu ayah di Lombok yang setia,di tengah-tengah kentalnya tradisi Lombok dimana seorang suami yang ditinggal mati istrinya akan segera menikah lagi. Berbeda dengan amak ia sering kali tidak tega menikah lagi, karena mengingat pengorbanan dan kesetiaan inak saat masih hidup. Seringkali  ketika kami berbicara empat mata, saya mencoba untuk mencari tahu alasan beliau belum mau menikah.  “begini nak , setiap kali bapak mempunyai keinginan besar untuk menikah lagi, bapak selalu teringat almarhumah ibumu dan selalu juga saya bermimpi didatangi beliau dimalam hari”sambil terlihat matanya berlinang usai bercerita. Nampaknya alasan inilah yang menyebabkan beliau belum berkenan untuk menikah lagi, entahlah sampai kapan kesetiaan ini akan berlangsung ,yang jelas amak saat ini masih belum mau menikah lagi. Ya Allah masukkanlah Kedua orang tuaku ke dalam syurga-Mu.


Thanks for reading Kesetiaan seorang suami

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

2 komentar:

  1. suami yang setia mas ya,..keren dah pokoknya, memang ada baiknya kita haruslah jadi suami yang setia,..ea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya mas kuanyu suami yg setia juga, kalo sudah nikah

      Delete

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan