Tips sederhana memulai bisnis berdasarkan pengalaman

Dunia online saat ini menjadi ceruk pasar yang luas, sebab jangkauannya yang tidak mengenal teritorial telah membuatnya di sukai oleh semua kalangan tanpa mengenal usia. Peluang ini telah menarik perhatian para pelaku bisnis , untuk mengembangkan bisnis mereka didunia maya. Tak heran penyedia jasa sosial media, menjadikan jaringan mereka menjadi sasaran empuk untuk dijadikan calon customer iklan yang mereka tawarkan.


Dengan data yang mereka miliki, maka mereka telah bisa mengelompokkan pengguna sosial media berdasarkan, kesukaan mereka, siapa teman mereka, apa saja kegiatan mereka yang dominan, di mana mereka tinggal, dan banyak hal lainnya.

Jahe merah jahe gajah
Jahe Merah
Para pebisnis pun saat ini, telah mulai menyadari pentingnya dunia online dalam perkembangan bisnis yang mereka jalankan. Akibatnya mulai banyak bermunculan training-training yang berkaitan dengan dunia online, munculnya trend ini juga coba di ikuti penulis agar tidak ketinggalan informasi dunia online. Dalam sebuah pertemuan training , penulis menangkap beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis didunia online, diantaranya :

Pertama, memulai bisnis hendaklah diawali dengan perubahan cara berfikir sebab cara berfikir ini penting untuk perkembangan bisnis ke depan. Misalnya sering kali kita terpenjara oleh cara berfikir kita bahwa bisnis itu sulit, maka langkah awal yang harus ditempuh adalah meyakini bisnis itu gampang.

Kedua, Fokus hal ini penting agar perkembangan bisnis kita terukur, Fokus bisa diartikan memaksimalkan waktu yang kita miliki. Fokus juga diartikan hanya menjual satu produk, sering kali orang yang memulai bisnis dengan semangat yang tinggi, lalu menjual segala hal yang ditemui akibatnya tidak bisa memahami produk yang ia tawarkan.

Ketiga, mulailah bisnis anda sekarang jangan pernah menunda, mulai dari yang kecil yang terlintas dalam ide anda. Kalkulasi, perhitungan resiko bisa diselesaikan di tengah perjalanan bisnis anda jangan sampai anda tidak segera memulai bisnis karena banyaknya kalkulasi dan perhitungan lainnya.

Keempat, manfaatkan jaringan anda, jaringan pertemanan anda adalah bagian dari aset bisnis yang bisa menjadi faktor penentu keberhasilan bisnis yang anda kelola. Beberapa pebisnis bisa gagal jika tidak mempunyai jaringan, ada sebuah kesaksian dari seorang pelaku bisnis kuliner yang pernah penulis temui. Bahwa ia merasa sangat terbantu dengan adanya jaringan, maka dalam dunia online pertemanan anda di sosial media menjadi penting untuk diperhitungkan menjadi target konsumen dari barang yang anda tawarkan. 

Tulisan ini tentu saja masih jauh dari cukup untuk mewakili ide-ide bisnis online, penulis hanya menyampaikan yang penulis pernah alami dan apa yang diketahui, silahkan berbagi lewat kolom komentar.
Share:

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan

Popular Posts

Recent Posts