Home » , , » Hal-hal yang perlu di perhatikan saat bermain blog

Hal-hal yang perlu di perhatikan saat bermain blog

Quality time

Sesuatu yang baru biasanya sangat kita gemari, namun seiring berjalannya waktu kadang sesuatu yang baru itu mencapai titik jenuh juga. Hal ini berlaku pada setiap kegiatan seseorang, demikian pula dengan aktivitas menjadi seorang blogger . Waktu pertama kali saya menyukai dunia blogging, saya banyak menghabiskan waktu untuk memperbaharui blog saya.


Satu hal yang saya ingat ketika itu, misi saya bagaimana caranya agar bermain blog dan dapat uang tambahan untuk keperluan sehari-hari. Alhasil karena benar-benar fokus, beberapa bulan kemudian kesukaan bermain blog saya mampu mendatangkan sumber penghasilan sampingan. Senangnya luar biasa ketika itu, jualan lewat blog gratisan, seolah terbayar sudah kelelahan siang malam memonitor perkembangan blog saya setiap hari.

Masa itu kini berat untuk diulangi lagi, tapi saya optimis akan mampu mengulang  kembali dengan modal semangat untuk terus belajar. Dari beberapa pengamatan dan pengalaman saya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat bermain blog , agar semangat kita tetap terjaga untuk menjadi seorang blogger. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat bermain blog :

Pertama, sebelum membuat blog rencanakan dulu fokus anda saat ingin bermain blog, kesalahan para blogger membuat blog tanpa perencanaan, akhirnya ditengah jalan terjadi kebuntuan ide, sebab main blog tanpa  rencana yang matang. Ingat pepatah ini tetap berlaku " Gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan".

Kedua, jaga stamina dan konsistensi anda dalam memperbaharui blog,tak mengapa anda update satu artikel setiap hari namun harus konsisten setiap hari. Jangan karena semangat lalu posting sehari lebih dari yang telah di rencanakan, jika pun anda harus posting banyak pada satu hari platform blog sudah menyiapkan tanggal perencanaan maka gunakan fasilitas jadwal yang ada di dasbord anda. Untuk cara update otomatis suatu saat saya akan bagi caranya.

Ketiga, Jika anda ingin berjualan di blog juallah apa yang bisa atau mampu anda siapkan, jika memungkinkan untuk menghindari kekecewaan pelanggan dalam hal pelayanan. Saya sendiri pernah punya pengalaman menjual barang yang diluar saya tawarkan, dengan semangat saya mampu saya coba melayani pesanan tersebut. Meski bisa terpenuhi namun akhirnya di kemudian hari tetap saja ada komplain dari pembeli.

Keempat, tetaplah di jalur blog gratisan sampai anda ahli menggunakan fitur-fitur didalamnya. Jangan terburu nafsu untuk beralih ke  domain berbayar, karena belum tentu yang berbayar lebih produktif dari yang gratisan. Tapi jika memang anda sudah ingin langsung berbayar tidak ada salahnya anda memulai dengan langsung yang berbayar.

Kelima, selalu memperbaharui ilmu blog anda perbanyak main ke blog sesama blogger sebab silaturrahmi  didunia maya itu ternyata menambah, ilmu,saudara, bahkan Rezeki sesuai konsep yang terdapat dalam ajaran Rasulullah.SAW.

Begitulah sedikit saya berbagi pengalaman saat menjadi seorang blogger, masih banyak lagi yang tidak saya ungkapkan dalam tulisan ini, silahkan menambahkan di kolom komentar.
Thanks for reading Hal-hal yang perlu di perhatikan saat bermain blog

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

6 komentar:

  1. Pertama bikin blog aku cuma pingin punya tempat untuk nulis dan ngeluapin pikiranku karna tempat nulis yg aku pake biasanta udh gak buka lagii

    ReplyDelete
  2. Pertama bikin blog aku cuma pingin punya tempat untuk nulis dan ngeluapin pikiranku karna tempat nulis yg aku pake biasanta udh gak buka lagii

    ReplyDelete
  3. Saya ngeblog ga pernah konsisten, kadang sekali seminggu atau malah sekali bulan. Kalo lagi males, sekali setahun baru ngeblog

    ReplyDelete
  4. Benar, tetaplah di jalur gratisan sampai anda merasa siap dan menjadi ahli dan jago "menjual" he he he

    ReplyDelete
  5. Blog saya gratisan, semangat ngeblog menyala-nyala...masih tahap belajar juga..

    ReplyDelete
  6. Yap, saya setuju dengan menggunakan blog gratisan dulu kalau masih dalam tahap belajar dan beradaptasi. Kalau sudah dirasa lihai dan konsisten dalam membuat konten, baru deh beli domain. Sayang dong soalnya sudah beli domain tapi malah jarang posting tulisan.

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan