Home » , , , » Sikap seorang muslim terhadap musibah

Sikap seorang muslim terhadap musibah


sumber gambar : hidayatullah
Tak ada seorangpun yang mampu menolak kemudharatan (musibah) dan tak satupun yang mampu mendatangkan manfaat, semuanya terjadi karena kehendak Allah SWT. Musibah adalah ujian untuk menaikkan derajat keimanan seorang muslim, namun musibah juga bisa jadi teguran terhadap hamba-Nya yang mungkin telah melampui batas.  Semoga kita dapat memetik hikmah dibalik musibah yang dihadapi saudara-saudara kita.

Musibah bisa menimpa manusia kapanpun dan dimanapun kita berada. Allah ta'ala dengan mudah dapat mengambil keluarga, sanak saudara atau harta yang kita miliki melalui musibah tersebut.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) mencatat, selama tahun 2018, terjadi 1.999 kejadian bencana di Indonesia. yang akhir - akhir ini gempa palu dan donggala kemudian disusul lagi tsunami di selat sunda. Maka ketika ada saudara kita yang ditimpa musibah, Rasulullah Saw menganjurkan umatnya untuk membaca doa ini:
إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ، اللَّهُمَّ أجرْهُم فِي مُصِيبَتِهِمْ، وَأَخْلِفْ لَهُمْ خَيْرًا مِنْهَا
Innalillahi wa inna ilaihi roji’un, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiron minha. Sesungguhnya kita milik Allah dan sungguh hanya kepada-Nya kita akan kembali. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan berilah ganti yang lebih baik.

Semoga Allah mengampuni dosa-dosa saudara kita yang telah tiada karena berbagai bencana dan membalas segala kebaikan mereka dengan pahala. Untuk simpati kepada para korban, salurkan bantuan anda melalui nomer rekening BMH yang ada pada iklan bawah ini :

Thanks for reading Sikap seorang muslim terhadap musibah

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan