Hikmah dibalik Musibah



Bencana adalah ujian untuk meningkat kadar keimanan bagi seorang Muslim, saudaraku yang ada di Lombok,Donggala, Palu dan dimanapun berada mari  ambillah hikmah dari ujian yang sedang kita hadapi. Sebab Allah sedang menguji, sejauh mana komitmen kita terhadap keimanan yang kita deklarasikan dihadapan Allah. Rumusnya setiap pilihan yang kita pilih, maka semuanya menuntut komitmen, setiap pilihan yang kita pilih maka dibaliknya pasti ada resiko yang akan kita hadapi. Musibah hari ini jika kita hadapi dengan sabar, maka Allah akan membalasnya dengan kebahagiaan, kebaikan dan kenikmatan.  Seperti dijelaskan Allah dalam al Qur’an :
اِنَّ مَعَ الۡعُسۡرِ يُسۡرًا ‏
sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan.

Begitulah janji Allah, Ia senantiasa mengganti kesulitan dengan kemudahan,kesusahan dengan kebahagiaan, penderitaan dengan keceriaan dan seterusnya. Saudaraku di Lombok,Donggala,Palu dan dimana saja, semoga Allah senantiasa membersamai kita dalam setiapa kondisi. Dengan syarat kita juga senantiasa mengingat Nya, dalam kondisi susah,senang,sempit,renggang, miskin, kaya hadirkan Ia dalam seluruh kondisi hidup kita maka Ia akan hadir untuk kita. Mari panjatkan doa bagi saudara-saudara kita yang sedang terkena bencana :

اللَّهُمَّ أْجُرْهم فِى مُصِيبَتِهم وَأَخْلِفْ لهم خَيْرًا مِنْهَا

Ya Allah, berilah ganjaran terhadap musibah yang menimpa mereka dan berilah ganti bagi mereka dengan yang lebih baik darinya.

sebaliknya bagi yang saat ini tidak terkena musibah janganlah jumawa, sebab tak ada jaminan bagi yang tidak terkena, atau berada didaerah aman gempa tidak terkena bencana. Ingatlah sesungguhnya bencana itu datang bukan semata faktor alam, namun tersebarnya zina, tersebarnya minuman keras dan yang meminumnya, dan banyaknya kemusyrikan merupakan bagian dari penyebab utama bencana. Mari perbanyak tobat,ibadah dan bersedekah mudah-mudahan dengan amalan tersebut Allah mengangkat musibah yang kita hadapi.



Hikmah dibalik Musibah Hikmah dibalik Musibah Reviewed by Mawardi Ardi on October 03, 2018 Rating: 5

3 comments:

  1. waktunya instropeksi diri yo mas... soalnya sekrg Indonesia lagi sering dilanda bencana

    ReplyDelete
  2. setuju mbak agar lebih baik ke depannya

    ReplyDelete
  3. Bencana tidak pernah pilih-pilih, siapapun bisa saja terkena bencana. Harus tetap bersyukur pada Allah SWT atas apa pun yang menimpa kita. Bencana sekalipun, musibah sekalipun, karena dari situ kita banyak belajar. Tapi, kita wajib berdoa agar terhindar dari bencana ...

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan

Powered by Blogger.