Tahun Baru Hijrah, apa yang harus Baru?


Telah datang tahun 1440 H, apa yang harus baru ditahun hijrah ini?. Setiap orang pasti pernah salah dalam hidupnya karena itu bagian dari qudratnya sebagai manusia, setiap jiwa pernah merasakan ketidak tenangan jiwa akibat dosa yang diperbuatnya. Namun semuanya bukanlah untuk terus disesali,dikenang semuanya menjadi ibrah (pelajaran) untuk melangkah lebih baik.

Ada umar bin Khottab yang punyaa catatan kelam dimasa lalu, namun diakhir hayatnya ia beristiqomah dengan hijrahnya kedalam Islam maka ia dimakamkan bersandingan dengan manusia teragung didunia Rasululllah SAW. Ada cerita Hindun binti Utbah, yang membelah dada Hamzah orang yang paling disayangi nabi, namun pada fase berikutnya ia berhijrah kedalam Islam, ia habiskan seluruh sisa hidupnya untuk Islam, ia terdepan dalam memotivasi para tentara Muslim dalam beberapa peperangan dan akhirnya ia mengakhiri hidupnya dalam pelukan Islam. Tercatat juga dalam sejarah seorang budak bernaman Wakhsy, ia merdeka karena telah berhasil membunuh Hamzah saat Ia berhijrah ia tebus dosa masa lalunya dengan membunuh orang yang paling dibenci dalam Islam seorang nabi palsu Musailamah Al Kadzab, lalu ia juga meninggal sementara Islam tetap didadanya.

Ada banyak kisah serupa yang mungkin terjadi dimasa ini, bisa jadi orang yang mengalaminya atau kita sendiri, begitulah makna hijrah hari ini memantapkan niat kita dengan bersemangat jihad untuk terus bergerak kearah yang lebih baik. Tinggalkan dosa masa lalu menuju taat kepada Nya, dulu ahli maksiat sekarang ahli Ibadah, dulu biadab sekarang beradab, dulu-dulu dan dulu semuanya adalah masa lalu tapi hari ini, inilah kita saat ini menjadi lebih baik ,lebih positif, lebih bijak, lebih dari segalnya. Semoga hijrah kita kali ini adalah hijrah yang istiqomah meniti jalan Ilahi. Tahun baru Hijrah boleh berubah tapi Istiqomah tidak boleh pudar.

Selamat berhijrah semoga lebih baik

Tahun Baru Hijrah, apa yang harus Baru? Tahun Baru Hijrah, apa yang harus Baru? Reviewed by Mawardi Ardi on September 11, 2018 Rating: 5

1 comment:

  1. Jadi intinya harus beristiqomah ya, mas? Memang katanya namanya manusia tempatnya salah. Semoga di tahun baru hijriah ini kita bisa menjadikan kesalahan di masa lalu sebagai pelajaran berharga yang jangan sampai terulang lagi, aamiin.

    ReplyDelete

Terima Kasih Atas kunjugan anda silahkan tinggalkan pesan

Powered by Blogger.